• Teks Laporan Hasil Observasi Pisang


     Pohon Pisang

    Pohon Pisang adalah Pohon yang bisa hidup di iklim tropis basah,lembab,dan panas. Pohon pisang yang memiliki nama lain Musa paradisiaca merupakan pohon jenis Terna ( pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu). Di indonesia banyak sekali jenis-jenis pohon pisang yang tersebar di berbagai daerah, seperti pisang tanduk, pisang raja, dan pisang ambon.Selain itu bagian-bagian dari pohon pisang  juga memiliki banyak manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh. 

    Pisang Tanduk adalah jenis pisang yang  berbentuk panjang dan melengkung seperti tanduk. Panjang pisang ini sekitar 35 cm dan berat perbuahnya 300 g.Pohon pisang tanduk mempunyai tinggi batang 2,5 - 3 m dengan warna hijau kemerahan. Daunnya berwarna hijau tua. Panjang tandan 60 - 100 cm dengan berat 15 - 30 kg. Setiap tandan terdiri dari 8 - 13 sisiran dan setiap sisiran ada 12 - 22 buah. Daging buah dari pisang ini putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning muda halus.
    Pisang Raja ialah jenis pisang terbaik karna memiliki aroma harum dan rasanya manis, mempunyai panjang sekitar 10 cm. Pisang raja memiliki batang lunak yang berwarna dominan hijau dan memiliki daun yang sangat lebar. Buah yang dihasilkan tersusun dalam tandan, dan dalam satu tandan bisa terdapat beberapa sisir dengan buah yang tersusun secara menjari. Pisang raja berwarna hijau saat mentah dan akan berubah warna menjadi kuning dengan bercak kehitaman ketika matang.
    Pisang Ambon merupakan jenis pisang yang memiliki rasa manis dan harum, panjangnya mencapai 15-20 cm. Tandan buah pisang ambon merunduk dan berbulu halus terdapat 7-10 sisir buah pisang dan setiap sisirnya berjumlah 10-16 buah pisang. Buah pisang berbentuk silinder, sedikit melengkung, panjang dan tidak berbiji. Kulit buah agak tebal 2,4-3 mm dan warna daging buah putih atu putih kekuning-kuningan, rasanya manis dan beraroma khas. Tanaman pisang akan berbunga pada umur 11-12 bulan dan buah masak 4-5 bulan setelah berbunga.
     
    Buah pisang kaya akan kandungan vitamin dan mineralnya yang penting.Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin.Buah ini juga bagus untuk untuk menurunkan berat badan,meningkatkan kesehatan otak, menghaluskan kulit wajah, mengatasi diabetes, dan masih banyak lagi.
  • You might also like

    1 comment:

    1. Tolong dong buat kaidah teks laloran hasil observasinya

      ReplyDelete

Powered by Blogger.
Unprofessional blogger :)

you can follow my SNS account @yoana.hwn